Kampus Darussalam Ciamis; Info Pendidikan 2017



Kampus Darussalam Ciamis; Info Pendidikan 2017


Agenda seleksi masuk
INSTENSIVE SCIENCE CLASS (ISC)
MAN DARUSSALAM CIAMIS
Tahun 2017
1. Seleksi Tulis dan wawancara 19 Maret 2017
2. Pengumuman hasil seleksi 26 Maret 2017
Kuota terbatas
- 35 siswa kelas IPA
- 35 siswa kelas IPS
Seleksi dilaksanakan hanya 1 Gelombang 

Cara Mudah Daftar ONLINE
Instensive Science Class (ISC)
MAN Darussalam Ciamis
KLIK www.mandarussalam.sch.id
JALUR PRESTASI
Penerimaan Peserta Didik Baru
Instensive Science Class (ISC)
MAN Darussalam Ciamis
Penerimaan peserta didik baru TANPA TEST TULIS
Dengan ketentuan :
1. Prestasi Kademik
- Rangking 1-5 paralel dari minimal 120 siswa
- Rangking 1 kelas minimal 30 siswa
2. Prestasi Non-akademik
Memiliki sertifikat kejuaraan (individual) min. tingkat Kabupaten

Cara Mudah Daftar ONLINE
Reguler IPA/ IPS
MAN Darussalam Ciamis
KLIK 
http://www.mandarussalam.sch.id/
http://www.mandarussalam.sch.id/hubungi-kami/




PROSES PENDAFTARAN

  1. Persyaratan Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru
  2. Peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2016/2017
  3. Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2017
  4. Pas foto berwarna terbaru (latar belakang merah) ukuran 3 cm x 4 cm.
  5. Menandatangani surat pernyataan kesediaan tinggal di asrama dan mengikuti semua kegiatan di madrasah dan di asrama selama masa studi.
  6. Pada semester 1 kelas IX tahun pelajaran 2016/2017 merupakan peserta didik terbaik pada madrasah/sekolah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah/sekolah asal. Masing-masing madrasah/sekolah dapat mengirimkan calon peserta didik sebanyak-banyaknya 10 orang (surat rekomendasi dibuat secara kolektif oleh kepala madrasah/sekolah asal peserta didik)
  7. Khusus peserta didik dari keluarga kurang mampu secara ekonomi menyertakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), Surat Kete-rangan Rumah Tangga Tidak Mampu (SKRTM), Surat Keterangan Keluarga Miskin (SKKM) dari Kelurahan/Desa.

  1. Tahapan Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru
  2. Mengunggah (upload) berkas persyaratan:

  1. Mengisi formulir pendaftaran yang telah disiapkan secara
  2. Rapor semester 1-5 yang telah disahkan.

  1. Akte kelahiran/kenal lahir.

  1. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang merah ukuran 3 cm x 4 cm (mak. 300 kb).

  1. Surat rekomendasi dari madrasah/sekolah.

  1. Surat pernyataan kesediaan tinggal di asrama dan mengikuti semua kegiatan di madrasah dan di asrama selama masa studi.
  2. Sertifikat/penghargaan prestasi di bidang akademik (a.l. penelitian, OSN) dan keagamaan (MTQ atau MQK).

  1. Surat Keterangan Tahfiz Al Qur’an dari madrasah/sekolah sebagai salah satu bahan pertimbangan penentuan kelulusan.

  1. Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), Surat Keterangan Rumah Tangga Tidak Mampu (SKRTM), Surat Keterangan Keluarga Miskin (SKKM) dari Kelurahan/Desa bagi calon peserta didik dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.
  2. Peserta mencetak Kartu Peserta Seleksi PPDB (kartu peserta wajib dibawa saat tes seleksi dilaksanakan).

  1. Jalur Seleksi PPDB MANPK
  2. Jalur Tes, meliputi Materi PAI (Al-Qur’an-Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih, SKI), Bahasa Arab (kemampuan baca kitab), Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Matematika (Logika).
  3. Jalur Non-Tes, bagi peserta yang prestasi tingkat Nasional/Propinsi dalam lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) atau Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, dengan ketentuan sebagai berikut;
    1. MTQ , Juara 1 dan 2 Tingkat Nasional
    2. MQK, Juara 1, 2, 3, Harapan 1-2 Tingkat Nasional, Juara 1-3 Tingkat Propinsi
    3. Prestasi poin 1 dan 2 berdasarkan Rekomendasi Kepala Madrasah/ Sekolah asal dengan melampirkan salinan bukti piagam atau foto trophy yang dilegalisir Kepala Madrasah/Sekolah dengan cap dan tanda tangan asli.
Salinan bukti piagam dan atau Foto Warna Trophy (bagi poin 1 dan 2) dikirim ke Panitia seleksi paling lambat tanggal 6 Maret 2017.
 Waktu pelaksanaan PPDB MAN Program Keagamaan adalah sebagai berikut :

No.Rincian KegiatanWaktu Kegiatan
1Informasi dan Sosialisasi PPDB16 Januari s.d. 4 Maret 2017
2Pendaftaran (online)6 Februari s.d. 6 Maret 2017
3Seleksi Berkas8 Februari s.d.  11 Maret 2017
4Pengumuman Peserta Tes17 Maret 2017
5Pelaksanaan Tes1 April 2017
6Pengumuman Kelulusan25 April 2017
7Daftar Ulang26 April  s.d. 3 Mei 2017
8Awal Masuk Asrama15 Juli 2017
 Cara Pendaftaran
 Membuka halaman pendaftaran online PPDB MAN Program Keagamaan Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui website  pengelola MAN PK pusat www.ppdb-manpk.com dan mengikuti langkah-langkah yang terdapat pada website hingga proses selesai yang ditandai dengan mencetak formulir dan kartu peserta seleksi.
 http://www.mandarussalam.sch.id/informasi-penerimaan-peserta-didik-baru-man-program-keagamaan/


Sabtu, 18 Februari 2017, 08:59

Kemenag Anggarkan Rp36M untuk Beasiswa Santri Berprestasi


Jakarta (Kemenag) --- Upaya Kementerian Agama untuk memperluas akses pendidikan para santri di perguruan tinggi terus berlanjut. Tahun ini, melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, anggaran sebesar Rp36miliar telah disiapkan guna membiayai Program Beasiswa Santri Berprestasi atau yang biasa disebut PBSB.
"Anggaran ini untuk membiayai beasiswa 1.138 santri yang masih berlangsung serta 250 santri baru yang akan diterima pada tahun ini," kata Kasubdit Pendidikan Pesantren Direktorat Pendidikan Diniah dan Pondok Pesantren Kemenag Ainur Rofiq, di Jakarta, Jumat (17/02).
PBSB dibuka oleh Kementerian Agama sejak tahun 2005. Hingga kini, tidak kurang dari 3.800 santri telah mendapatkan akses untuk belajar di berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia, mulai dari UIN, ITB, UGM, UNAIR, ITS, dan perguruan tinggi lainnya.
Tidak sedikit pula dari mereka yang sudah lulus kini berkiprah sebagai profesional pada bidangnya masing-masing, mulai dari teknokrat, dokter, pendidik pesantren dan madrasah, serta lainnya. Bahkan, banyak juga yang saat ini meneruskan kuliah di luar negeri, baik Eropa maupun Asia.
Menurut Rofiq, sasaran PBSB adalah santri pondok pesantren yang terdaftar resmi di Kemenag serta memiliki nomor statistik pondok pesantren (NSPP). Selain itu, santri tersebut juga harus tinggal di pesantren (mukim), minimal selama 2 tahun.
Adapun mereka yang bisa mendaftar tahun ini adalah para santri yang juga siswa tingkat akhir dan lulus pada tahun 2017 di Madrasah Aliah binaan pondok pesantren. Atau, santri lulusan pesantren muadalah/pesantren salafiyah dengan ijazah Paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren. Khusus para santri yang akan mendaftar di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang Jawa Timur, mereka harus hafal (hafiz) Quran minimal 10 juz.
"Santri lulusan SMA/SMK belum bisa mengikuti program beasiswa ini karena programnya bersifat afirmasi bagi santri yang selama ini kurang tersentuh atau kurang memperoleh kesempatan untuk mendapatkan akses ke pendidikan tinggi yang bermutu," kata Rofiq.
Bagi para santri yang lulus seleksi dan diterima di perguruan tinggi, lanjut Rofiq, mereka akan mendapatkan beasiswa berupa biaya kuliah sampai selesai serta living cost (biaya hidup) selama menjadi mahasiswa. Bahkan, khusus untuk program studi yang memerlukan tambahan pendidikan khusus, seperti kedokteran, Kemenag juga akan menyediakan anggarannya sampai mereka benar-benar lulus sebagai dokter.
Pendaftaran PBSB dibuka pada akhir Maret 2017. Menurut Rofiq, pendaftaran dilakukan secara online sehingga para santri dapat mengaksesnya dari seluruh Indonesia. Proses seleksi juga akan dilakukan secara 'online' melalui tes berbasis computer atau computerized based test/CBT. (Informasi lengkap terkait PBSB dapat diakses melalui website http://pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id/).
Saat ini terdapat tiga belas perguruan tinggi yang menjadi mitra Kementerian Agama dalam program beasiswa ini. Ketiga belas perguruan tinggi tersebut adalah IPB Bogor, UGM Yogjakarta, UPI Bandung, ITS Surabaya, dan Unair Surabaya.
Di samping itu, para santri juga bisa kuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Walisongo Semarang, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta, dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Khusus untuk para santri di wilayah Indonesia Timur, kini Kemenag membuka akses PBSB di UIN Sultan Alauddin Makassar serta Universitas Cendrawasih Jayapura.
PBSB membuka kesempatan para santri untuk memilih program studi umum dan agama, sesuai minat, bakat, dan kompetensi dasarnya. Untuk program studi umum, antara lain ada pilihan kedokteran, keperawatan, serta teknik informatika. Sedang untuk program studi agama, ada pilihan seperti ilmu falak, tasawuf, dan bahasa. (dariberbagaisumber/mkd/mkd)
http://www.mandarussalam.sch.id/calon-siswa/daftar-online-isc-mapk/
Marilah jadi santri...
Mengaji, mengkaji dan berprestasi

https://youtu.be/CLVlcMzc4Bg?list=PLVIzoN5Q8uGCC9-C5nK9mAY_WiaC5dvjV
https://youtu.be/L4xRaET9vb8?list=PLVIzoN5Q8uGCC9-C5nK9mAY_WiaC5dvjV
https://youtu.be/ogFcKj-dOek
https://youtu.be/sa33cHtySEc
https://youtu.be/7Vzhk2C6axg

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kampus Darussalam Ciamis; Info Pendidikan 2017"

Posting Komentar

Komenlah sesuai tema, tidak berbau pornografi, promosi serta link aktif, maaf link aktif akan kami hapus