_Rejeki iku ora iså ditiru.._
(REJEKI ITU TIDAK BISA DITIRU)
_Senajan pådå lakumu_
(WALAU JALANMU SAMA)
_Senajan pådå dodolan mu_
(WALAU JUALANMU SAMA)
_Senajan pådå nyambut gawemu_
(WALAU PEKERJAANMU SAMA)
_Kasil sing ditåmpå bakal bedå2_
(HASIL YANG DITERIMA AKAN BERBEDA SATU SAMA LAIN)
_Iså bedå nèng akèhé båndhå_
(BISA LAIN DALAM BANYAKNYA HARTA)
_Iså ugå ånå nèng Råså lan Ayemé ati, yaiku sing jenengé bahagia_
(BISA LAIN DALAM RASA BAHAGIA DAN KETENTERAMAN HATI)
_Kabèh iku såkå tresnané Gusti kang måhå kuwåså_
(SEMUA ITU ATAS KASIH DARI TUHAN YANG MAHA KUASA)
_Såpå temen bakal tinemu_
(BARANG SIAPA BER-SUNGGUH2 AKAN MENEMUKAN)
_Såpå wani rekåså bakal nggayuh mulyå_
(BARANG SIAPA BERANI BERSUSAH PAYAH AKAN MENEMUKAN KEMULIAAN)
_Dudu akèhé, nanging berkahé kang dadèkaké cukup lan nyukupi_
(BUKAN BANYAKNYA, MELAINKAN BERKAHNYA YANG MENJADIKAN CUKUP DAN MENCUKUPI)
_Senajan pådå lakumu_
(WALAU JALANMU SAMA)
_Senajan pådå dodolan mu_
(WALAU JUALANMU SAMA)
_Senajan pådå nyambut gawemu_
(WALAU PEKERJAANMU SAMA)
_Kasil sing ditåmpå bakal bedå2_
(HASIL YANG DITERIMA AKAN BERBEDA SATU SAMA LAIN)
_Iså bedå nèng akèhé båndhå_
(BISA LAIN DALAM BANYAKNYA HARTA)
_Iså ugå ånå nèng Råså lan Ayemé ati, yaiku sing jenengé bahagia_
(BISA LAIN DALAM RASA BAHAGIA DAN KETENTERAMAN HATI)
_Kabèh iku såkå tresnané Gusti kang måhå kuwåså_
(SEMUA ITU ATAS KASIH DARI TUHAN YANG MAHA KUASA)
_Såpå temen bakal tinemu_
(BARANG SIAPA BER-SUNGGUH2 AKAN MENEMUKAN)
_Såpå wani rekåså bakal nggayuh mulyå_
(BARANG SIAPA BERANI BERSUSAH PAYAH AKAN MENEMUKAN KEMULIAAN)
_Dudu akèhé, nanging berkahé kang dadèkaké cukup lan nyukupi_
(BUKAN BANYAKNYA, MELAINKAN BERKAHNYA YANG MENJADIKAN CUKUP DAN MENCUKUPI)
_Wis ginaris nèng takdiré menungså yèn åpå sing urip kuwi wis disangoni såkå sing kuwåså_
(SUDAH DIGARISKAN OLEH TAKDIR BAHWA SEMUA YANG HIDUP ITU SUDAH DIBERI BEKAL OLEH YANG MAHA KUASA)
_Dalan urip lan pangané wis cemepak cedhak kåyå angin sing disedhot bendinané_
(JALAN HIDUP DAN REJEKI SUDAH TERSEDIA, DEKAT, SEPERTI UDARA YANG KITA HIRUP SETIAP HARINYA)
_Nanging kadhang menungså sulap måtå lan peteng atiné, sing adoh såkå awaké katon padhang cemlorot ngawé-awé, nanging sing cedhak nèng ngarepé lan dadi tanggung jawabé disiå-siå kåyå orå duwé gunå_
(TETAPI KADANG MANUSIA SILAU MATA DAN GELAP HATI, YANG JAUH KELIHATAN BERKILAU DAN MENARIK HATI.. TETAPI YANG DEKAT DIDEPANNYA DAN MENJADI TANGGUNG JAWABNYA DISIA-SIAKAN SEPERTI TAK ADA GUNA)
_Rejeki iku wis cemepak såkå Gusti, ora bakal kurang anané kanggo nyukupi butuhé menungså såkå lair tekané pati_
(REJEKI ITU SUDAH DISEDIAKAN OLEH TUHAN, TIDAK BAKAL BERKURANG UNTUK MENCUKUPI KEBUTUHAN MANUSIA DARI LAHIR SAMPAI MATI)
_Nanging yèn kanggo nuruti karep menungså sing ora ånå watesé, rasané kabèh cupet, nèng pikiran ruwet, lan atiné marahi bundhet_
(TETAPI KALAU MENURUTI KEMAUAN MANUSIA YANG TIDAK ADA BATASNYA, SEMUA DIRASA KURANG MEMBUAT RUWET DI HATI DAN PIKIRAN)
_Welingé wong tuwå, åpå sing ånå dilakoni lan åpå sing durung ånå åjå diarep-arep, semèlèhké lan yèn wis dadi duwèkmu bakal tinemu, yèn ora jatahmu, åpå maneh kok ngrebut såkå wong liyå nganggo cårå sing ålå, yå waé, iku bakal gawé uripmu lårå, rekåså lan angkårå murkå sak jeroning kaluwargå, kabeh iku bakal sirnå balik dadi sakmestiné_
(PETUAH ORANG TUA, JALANILAH APA YANG ADA DIDEPAN MATA DAN JANGAN TERLALU BERHARAP LEBIH UNTUK YANG BELUM ADA. KALAU MEMANG MILIKMU PASTI AKAN KETEMU, KALAU BUKAN JATAHMU, APALAGI SAMPAI MEREBUT MILIK ORANG MEMAKAI CÀRA TIDAK BAIK, ITU AKAN MEMBUAT HIDUPMU MERANA, SENGSARA DAN ANGKARA MURKA. SEMUA ITU AKAN SIRNA KEMBALI KE ASALNYA)
_Yèn umpåmå ayem iku mung biså dituku karo akèhé båndhå dahnå rekasané dadi wong sing ora duwé_
(KALAU SAJA KETENTERAMAN ITU BISA DIBELI DENGAN HÀRTA, ALANGKAH SENGSARANYA ORANG YANG TIDAK PUNYÀ)
_Untungé ayem isà diduwèni såpå waé sing gelem ngleremké atiné ing bab kadonyan, seneng tetulung marang liyan, lan pasrahké uripé marang GUSTI KANG MURBENG DUMADI,_
(UNTUNGNYA, KETENTERAMAN BISA DIMILIKI OLEH SIAPA SAJA YANG TIDAK MENGAGUNGKAN KEDUNIAWIAN, SUKA MENOLONG ORANG LAIN DAN MENSYUKURI HIDUPNYA)
(SUDAH DIGARISKAN OLEH TAKDIR BAHWA SEMUA YANG HIDUP ITU SUDAH DIBERI BEKAL OLEH YANG MAHA KUASA)
_Dalan urip lan pangané wis cemepak cedhak kåyå angin sing disedhot bendinané_
(JALAN HIDUP DAN REJEKI SUDAH TERSEDIA, DEKAT, SEPERTI UDARA YANG KITA HIRUP SETIAP HARINYA)
_Nanging kadhang menungså sulap måtå lan peteng atiné, sing adoh såkå awaké katon padhang cemlorot ngawé-awé, nanging sing cedhak nèng ngarepé lan dadi tanggung jawabé disiå-siå kåyå orå duwé gunå_
(TETAPI KADANG MANUSIA SILAU MATA DAN GELAP HATI, YANG JAUH KELIHATAN BERKILAU DAN MENARIK HATI.. TETAPI YANG DEKAT DIDEPANNYA DAN MENJADI TANGGUNG JAWABNYA DISIA-SIAKAN SEPERTI TAK ADA GUNA)
_Rejeki iku wis cemepak såkå Gusti, ora bakal kurang anané kanggo nyukupi butuhé menungså såkå lair tekané pati_
(REJEKI ITU SUDAH DISEDIAKAN OLEH TUHAN, TIDAK BAKAL BERKURANG UNTUK MENCUKUPI KEBUTUHAN MANUSIA DARI LAHIR SAMPAI MATI)
_Nanging yèn kanggo nuruti karep menungså sing ora ånå watesé, rasané kabèh cupet, nèng pikiran ruwet, lan atiné marahi bundhet_
(TETAPI KALAU MENURUTI KEMAUAN MANUSIA YANG TIDAK ADA BATASNYA, SEMUA DIRASA KURANG MEMBUAT RUWET DI HATI DAN PIKIRAN)
_Welingé wong tuwå, åpå sing ånå dilakoni lan åpå sing durung ånå åjå diarep-arep, semèlèhké lan yèn wis dadi duwèkmu bakal tinemu, yèn ora jatahmu, åpå maneh kok ngrebut såkå wong liyå nganggo cårå sing ålå, yå waé, iku bakal gawé uripmu lårå, rekåså lan angkårå murkå sak jeroning kaluwargå, kabeh iku bakal sirnå balik dadi sakmestiné_
(PETUAH ORANG TUA, JALANILAH APA YANG ADA DIDEPAN MATA DAN JANGAN TERLALU BERHARAP LEBIH UNTUK YANG BELUM ADA. KALAU MEMANG MILIKMU PASTI AKAN KETEMU, KALAU BUKAN JATAHMU, APALAGI SAMPAI MEREBUT MILIK ORANG MEMAKAI CÀRA TIDAK BAIK, ITU AKAN MEMBUAT HIDUPMU MERANA, SENGSARA DAN ANGKARA MURKA. SEMUA ITU AKAN SIRNA KEMBALI KE ASALNYA)
_Yèn umpåmå ayem iku mung biså dituku karo akèhé båndhå dahnå rekasané dadi wong sing ora duwé_
(KALAU SAJA KETENTERAMAN ITU BISA DIBELI DENGAN HÀRTA, ALANGKAH SENGSARANYA ORANG YANG TIDAK PUNYÀ)
_Untungé ayem isà diduwèni såpå waé sing gelem ngleremké atiné ing bab kadonyan, seneng tetulung marang liyan, lan pasrahké uripé marang GUSTI KANG MURBENG DUMADI,_
(UNTUNGNYA, KETENTERAMAN BISA DIMILIKI OLEH SIAPA SAJA YANG TIDAK MENGAGUNGKAN KEDUNIAWIAN, SUKA MENOLONG ORANG LAIN DAN MENSYUKURI HIDUPNYA)
KI RONGGOWARSITO
Pada hari Senin Legi tanggal 10
Zulkaidah tahun Jawa 1728 atau tanggal 15 Maret 1802 Masehi kurang lebih jam
12.00 siang lahirlah seorang bayi dirumah kakek yang bernama R. Ng. Yosodipuro
I, seorang Pujangga Keraton yang terkenal dijamannya. Bayi yang baru lahir itu
diberi nama Bagus Burham. Sejak umur 2 tahun sampai 12 tahun Bagus Burham ikut
kakeknya.Ayahnya bernama R. Tumenggung Sastronegoro yang mengharapkan anaknya
dikelak kemudian hari menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negaranya.
Maka oleh sang ayah, Bagus Burham dikirim ketempat pendidikan yang memungkinkan
dapat mendidik anaknya lebih baik dari dirinya sendiri.Waktu itu pondok
Pesantren di kawasan Ponorogo yang dipimpin oleh Kyai Imam Besari terkanal
sampai dipusat Kerajaan Surakarta. Kesanalah Bagus Burham dikirim untuk
mendapatkan tambahan ilmu lahir batin serta keagamaan. Pondok Tegalsari yang
dipimpin Kyai Imam Besari ini mempunyai murid yang banyak dan memiliki
kepandaian yang pilih tanding.
Bagus Burham berangkat ke
Pesantren Tegalsari disertai embannya yang bernama Ki Tanujoyo. Ditempat yang
baru itu Bagus Burham sangat malas. Ditambah lagi lebih suka menjalankan
maksiat dari pada mengaji. Berjudi adalah merupakan pekerjaannya setiap hari.
Juga pekerjaan maksiat yang lainnya. Adu ayam termasuk kesukaan yang tidak
perbah diluangkan. Dari pada mengaji hari-harinya dihabiskan dimeja-meja judi
dari satu desa ke desa lainnya.
Sehingga terkenallah Bagus Burham
bukan sebagai santri yang soleh tetapi sebagai penjudi ulung dikalangan
orang-orang di daerah Ponorogo. Dasar seorang anak Tumenggung, uang banyak dan
biasanya dimanja oleh orang tua atau kakeknya. Karena kegemarannya bermain
judi, adu ayam dan perbuatan-perbuatan maksiat yang lain Bagus Burham banyak
berkenalan
dengan warok-warok Ponorogo yang
satu kegemaran.
Perbuatan putra Tumenggung ini
sangat merepotkan hari Kyai Imam Besari. Diharapkan seorang putra priyayi
keraton ini akan memberi suri teladan bagi murid-murid (santri-santri) yang
lein tetapi ternyata sebaliknya.Seringkali Bagus Burham mendapat teguran dan
marah dari Kyai Besari. Namun hal itu tidak merubah sifatnya. Dia tetap
penjudi, tetap penyabung ayam, tetap gemar pada tindakan-tindakan yang menjurus
ke maksiat. Karena merasa bosan setiap hari mendapat dampratan dari gurunya
maka Bagus Burham perni meninggalkan pondok Tegalsari diikuti oleh Ki
Tanujoyo.(Versi lain mengatakan bahwa kepergian Bagus Burham karena Kyai Imam
Besari merasa jengkel akan ulah Bagus Burham. Kemudian pimpinan pondok
Tegalsari itu memanggil abdi kinasih Ki Tanujoyo dan menseyogyakan Bagus Burham
tidak usah belajar mengaji di pondok Tegalsari).
Meninggalkan pondok Tegalsari
Bagus Burham tidak mau pulang ke Solo. Dengan diiring oleh oleh abdinya yang
bernama Ki Tanujoyo. Bagus Burham bertualang sampai di Madiun. Ditempat itu
uang sakunya habis. Ki Tanujoyo kemudian berdagang barang loakan. Sedangkan
Bagus Burham tetap pada kegemarannya semula. Betapa bingungnya Raden Tumenggung
Sastronegoro tatkala mendapat laporan Kyai Imam Besari bahwa puteranya pergi
dari Tegalsari. Kemudian dipanggillah di Josono agar mencari Bagus Burham
sampai ketemu. Bila ketemu agar diajal kembali ke Tegalsari. Kyai Imam Besari
kembali dari Keraton Solo mendapat laporan dari penduduk Tegalsari bahwa
sekarang daerah Tegalsari tidak aman. Banyak pencuri serta tanaman diserang
hama. Kyai Imam Besari memohon petunjuak dari Tuhan. Mendapatkan ilham bahwa
keadaan daerahnya akan kembali aman damai apabila Bagus Burham kembali ke
Tegalsari lagi. Oleh karena itu Kyai Imam Besari segera mengutus ki Kromoleyo
agar supaya berangkat mencari kemana gerangan perginya Bagus Burham. Bagi Ki
Kromoleyo bukan pekerjaan yang sulit mencari Bagus Burham. Sebab dia tahu
kehidupun macam apa yang digemari Bagus Burham. Tempat judi, tempat adu ayam.
Itulah sasaran Ki Kromoleyo.
Pada penjudi dan pengadu ayam
ditanyakan apakah kenal dengan pemuda yang bernama Bagus Burham. Orangnya
tampan. Jejak Bagus Burham akhirnya terbau juga. Ki Kromoleyo dapat menemukan
Bagus Burham dan mengajak kembali ke Tegalsari. Namun Bagus Burham tidak mau.
Karena bujukan Ki Josono utusan orang tuanya yang kebetulan juga sudah
menemukan tempat Bagus Burham maka kembalilah Bagus Burham ke Tegalsari.
Kyai Imam Besari menghadapi Bagus
Burham dengan cari lain. Sebab ternyata sekembalinya dari petualangannya Bagus
Burham bukan semakin rajin mengaji tetapi semakin boglok dan bodoh. Tampaknya.
Menghadapi murid yang demikian Kyai yang sudah berpengalaman itu lalu mengambil
jalan lain. Bagus Burham tidak langsung tidak langsung diajar mengaji seperti
santri-santri yang lain. Dia bukan keturunang orang biasa tetapi masuk memiliki
darah satriya. Maka tidak mengherankan kalau dia juga memiliki/mewarisi
sifat-sifat leluhurnya. Gemar sekali kepada hal-hal yang memperlihatkan
kejantanan seperti adu ayam dan lain sebagainya.
Menurut serat “CANDRA KANTHA”
buatan Raden Ngabehi Tjondropradoto antara lain menyebutkan bahwa : Raden Patah
berputera R. Tejo ( Pangeran Pamekas). Pangeran Pamekas berputra Panembahan
Tejowulan di Jogorogo.
Panembahan Tejowulan berputra
Tumenggung Sujonoputro seorang pujangga keraton Pajang. Kemudian Raden
Tumenggung Sujonoputro berputra Tumenggung Tirtowiguno. Sedangkan Tumenggung
Tirtowiguno ini mempunyai putra R. Ng. Yosodipuro I pujangga keraton Surakarta.
Kemudian sang pujangga berputra R. Ng. Yosodipuro II (Raden Tumenggung Sastronegoro)
ayah dari Bagus Burham. (Dari sumber lain menyebutkan bahwa R. Tumenggung
Sastronegoro bukan ayah Bagus Burham tetapi kakeknya. Ayahnya bernama Mas
Ngebehi Ronggowarsito Panewu Carik Kadipaten Anom). Dari silsilah tersebut
diketahui bahwa Bagus Burham masih ada keturunan darah raja. Darah bangsawan
yang biasanya sangat suka adu jago tetapi gemar melakukan tapa brata. Kesinilah
Imam Kyai Besari mengarahkan. Disamping diberi pelajaran mengaji seperti murid
yang lain maka Bagus Burham juga disuruh melakukan “tapa kungkum”. Dari sini
terbukalah hati Bagus Burham. Dikeheningan malam, dengen gemriciknya suara air,
diatasnya bintang-bintang berkelap-kelip seolah-oleh menyadarkan Bagus Burham
yang usianya juga sudah semakin dewasa itu.
Setelah menjalani tapa kungkum
selama 40 hari lamanya maka Bagus Burham tumbuh menjadi anak yang pandai. Kyai
Imam Besari tersenyum lega melihat perkembangan anak asuhnya yang paling bengal
itu. Terapinya kena sekali.
Padahal terapi itu hanya
berdasarkan dongen yang pernah didengarnya. Bahwa dahulu kala ada seorang
pemuda yang bengal, nakal, penjudi, pemalas, perampok yang bernama Ken Arok.
Namun karena ketekunan seorang pendidik yang bernama Loh Gawe maka akhirnya Ken
Arok enjadi raja di Singosari. Menurunkan raja-raja besar di tanah Jawa. Dari
Mojopahit sampai ke Surakarta semua menurut silsilah masih keturunan langsung
dari Ken Arok.
Dan R. Patah pun keturunan Ken
Arok. Jadi Bagus Burham juga keturunan Ken Arok. Siapa tahu kenakalannya juga
turunan yang dikelak kemudian hari akan menjadi orang yang luar biasa. Bagus
Burham menjadi murid yang terpandai.
Selama 4 tahun dipondok Tegalsari
ilmu gurunya sudah terkuran habis. Tidak ada sisanya lagi. Kyai Imam Besari
memuji keluhuran Tuhannya. Dia melimpahkan habis ilmunya kepada muridnya.
Setelah dirasa cukup maka Bagus Burham kembali ke Surakarta. Oleh tuanya Bagus
Burham disuruh langsung ke Demak untuk belajar mengenal sastra Arab dan
kebatinan jawa pada Pangeran Kadilangu.
Apakah ayahnya punya maksud agar
kelak anaknya dapat menandingi kepandaian rajanya ?
Bagus Burham seorang kutu buku
yang luar biasa. Dengan bekal kepandaian yang dimiliki dari beberapa
guru-gurunya, Bagus Burham kemudian menekuni soal kesusastraan Jawa serta
peninggalan-peninggalan nenek moyang. Buku-buku berbahasa kawi kuna ditelaah
dan dipelajarai sebaik-baiknya.
Jiwa petualang masih juga membara
dalam kalbunya. Dia seringkali mengadakan perjalanan dari satu daerah kedaerah
yang lain. Bagus Burham meninjau tempat-tempat yang bersejarah, tempat-tempat
yang mengandung nilai-nilai historis, tempat-tempat yang keramat, ke
candi-candi dan tempat-tempat penting lainnya. Disembarang tempat dipelbagai
daerah kalau dianggap ada orang yang memiliki kepandaian lebih maka tidak
malu-malu Bagus Burham berguru para orang tersebut. Tidak peduli dia hanyalah
seorang juru kunci atau orang biasa.
Pada usia 18 tahun sebagaimana
kebiasaan anak priyayi waktu itu ingin mengabdikan dirinya kepada keraton.
Caranya haruslah dengan magang (pegawai percobaan) pada Kadipaten Anom.Jiwa
senimannya atau darah kepujanggaannya terasa mengalir deras ditubuhnya. TIdak
merasa puas dengan pekerjaan magang tersebut. Maka Bagus Burham mohon pamit
sebab dirasa tidak ada kemajuan. Dia ingin mengembara ingin bertualan menuruti
gejolak darah senimannya. Hampir seluruh pelosok pulau Jawa telah dijelajahi
oleh Bagus Burham. Bahkan juga luar jawa sepeti Bali, Lombok, Ujung Pandang,
Banjarmasin bahkan ada sumber yang mengatakan pengembaraan Bagus Burham sampai
di India dan Srilanka. Melihat perjalanan hidupnya seperti tersebut diatas
pantaslah kalau Bagus Burham menjadi manusia yang kritis menghadapi suatu
persoalan. (Ungkapan perasaannya tampak ada karyanya ” Serat Kala Tida “.
Pulang dari pengembarannya Bagus
Burham kawin. Karena sang mertua diangkat menjadi Bupati di Kediri maka Bagus
Burhampun mengikuti ke Kediri. Ditempat tersebut yang terkenal sebagai tempat
bersejarah banyak peninggalan-peninggalan dari jaman terdahulu. Di Kediri
pernah berdiri kerajaan besar dimana salah satu rajanya adalah Sang Prabu
Joyoboyo. Waktu sang prabu berkuasa agaknya keadaan negara sangat tenteram dan
damai terbukti lahirnya beberapa karya sastra besar.
Sang Prabu memerintahkan kepada
Empu Sedah dan Empu Panuluh agar menceritakan kembali atau menyusun ceritera
BARATAYUDAHA dalam bahasa yang lebih muda diambil dari buku Maha Barata asli
dari India. Demikian indahnya gubahan tersebut sehingga banyak yang mengira
bahwa kejadian itu terjadi di tanah Jawa. Sebelum raja Joyoboyo, di Kediri juga
lahir hasil sastra yang tinggi mutunya. Smara Dahana kitab karya Empu Darmaja,
juga buku Sumana Sentaka karya Triguna merupakan hasil sastra yang sulit dicari
bandingannya. Di daerah yang seperti itu tentu saja banyak
peninggalan-peninggalan berupa rontal-rontal yang dimiliki penduduk warisan
dari nenek moyang. Dengan tekun Bagus Burham di Kediri waktunya dihabiskan
untuk mempelajari rontal-rontal yang dapat dikumpulkan dari perbagai daerah.
Dari rontal-rontal, pengalaman/pengetahuan selama mengembara dan berguru itulah
dia dapat menimba pelbagai ilmu.
Baru setelah Bagus Burham berumur
38 tahun mulai produktif dengan karya sastranya. Dan pada tahun 1844 pihak
keraton mengangkat menjadi Kliwon Carik dan disyahkan menjadi Pujangga Keraton.
Namanya Raden Ngabehi Ronggowarsito dan semakin tenar.
Belum ada tanggapan untuk "FALSAFAH RONGGO WARSITO"
Posting Komentar
Komenlah sesuai tema, tidak berbau pornografi, promosi serta link aktif, maaf link aktif akan kami hapus